Akhir Perkuliahan Semester 142


Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 (142) telah sampai ujungnya. Hari ini, Senin 25 Mei 2015 adalah hari ujian terakhir dari 3 matakuliah yang saya ikuti selama semester ini. Perkuliahan yang dimulai dari pertengahan Februari ini bagiku adalah dihitung semester pertama, karena semester sebelumnya saya diharuskan mengambil matakuliah persiapan, atau di Indonesia biasa disebut matrikulasi.

Matakuliah yang saya ambil semester ini semuanya mengenai tentang Software Engineering. Saya berharap dengan mengambil matakuliah yang sesuai bidang saya pada semester ini akan ada ide untuk topik thesis saya. Alhamdulillah saya bersyukur karena diajar oleh dosen-dosen yang sangat ahli di bidangnya sehingga penjelasan yang kami terima begitu jelas. Tugas-tugas yang diberikan oleh Pak Dosen adalah menekankan pada review dan membuat paper. Lantas, apa saja matakuliah yang saya ambil dan siapa saja dosennya?

1. Software Requirement Engineering
Perkuliahan ini membicarakan tentang hal apa saja yang dibutuhkan dalam membuat dokument requirement. Dokumen requirement ini akan digunakan sebagai acuan proses perancangan software. Pengajar perkuliahan ini adalah Dr. M El-Attar, seorang yang tertarik pada penelitian dalam bidang Requirement Engineering. 



2. Software Project Management
Saya mempelajari hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam manajemen projek dari Dr M. Alshayeb. Beliau adalah seorang yang memiliki banyak pengalaman menangani projek besar, baik di USA maupun di KSA. Kisah nyata beliau benar-benar menginspirasi untuk lebih peduli dan kritis dalam segala hal terkait pengembangan software.



3. Software Architecture
Untuk matakuliah ini saya mempelajari berbagai desain software mulai dari yang sederhana hingga konsep arsitektur sistem yang populer seperti Google dan Skype. Hal yang menarik dari matakuliah ini adalah saya diajak untuk berimajinasi untuk melihat masalah dan bagaimana solusi yang paling tepat. Pengampu matakuliah ini adalah Dr. Sajjad Mahmood.


Semoga beliau semua senantiasa diberikan kebahagiaan dan umur panjang yang berkah sehingga bisa berkarya lebih banyak. Terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang berharga Pak Dosen semua. Saatnya liburan Summer yang rencananya saya akan pulang ke Indonesia hari Rabu (27/5) malam. Sampai jumpa lagi di Semester 151, insyaalloh. Aamiin.



0 Response to "Akhir Perkuliahan Semester 142 "

Post a Comment