Privacy Policy

This application does not share personal information with third parties nor does it store any information about you.
This privacy policy is subject to change without notice and was last updated on [25 April 2014]. If you have any questions feel free to contact me directly at ym1315@gmail.com.
Sabtu, 26 April 2014
Posted by YUSUF MUFTI

Traveling (Jalan-Jalan) Hemat ke Malaysia

Bulan Desember tahun 2013 ini saya dan istri gunakan untuk melancong di Malaysia. Kebetulan ada kakak istri saya di sana, jadi silaturahim ke tempat keluarga kakak bonus jalan-jalan yang mengasyikkan. Di Malaysia mulai tanggal 6 Desember sampai dengan 14 Desember 2013.
Sabtu, 14 Desember 2013
Posted by YUSUF MUFTI

Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara CPNS Kemenkeu 2013



Ini adalah tahap terakhir proses seleksi CPNS di Kementrian Keuangan. Pelaksanaannya mulai tanggal 25 s.d 29 November 2013 se-Indonesia. Bagaimana prosesnya? Berikut ini saya ceritakan proses seleksi tahap terakhir ini yang saya alami.

28 November
Hari dimana saya melaksanakan tes kesehatan dan tes kebugaran. Tes kesehatan meliputi pengecekan kesehatan dasar mulai dari tinggi dan berat badan, tensi darah, kesehatan mata, kesehatan gigi, kesehatan kaki, dan kesehatan tubuh secara global. Pengecekan kesehatan mata menggunakan alat seperti mikroskop yang menampilkan posisi papan catur, apakah di atas-di bawah-di kanan-atau di kiri.
Setelah melaksanakan  tes kesehatan, saya melanjutkan tes kebugaran yang terdiri atas 2 macam, yakni lari selama 12 menit mengelilingi lapangan sepak bola dengan keliling 300 m dan shuttle run sebanyak 3 kali  membentuk angka 8. Standar untuk lari 12 menit untuk laki-laki sebanyak 6 putaran, sedangkan untuk perempuan sebanyak 5 putaran.


29 November
Hari ini dimana tes wawancara yang berlokasi di kantor Kementrian keuangan wilayah Yogyakarta di Jl. Kusumanegara. Agar tidak terburu-buru saya datang 30 menit sebelum sesi ke-3 dimulai. Sesi ke-3 yang merupakan jadwal saya dimulai pukul 13.15-15.30. Ternyata saya mendapatkan nomor urut sesi wawancara terakhir bersama 15 orang lainnya. Cerita sedikit, teman satu kampus yang ikut sampai tahap akhir ada mas Kholis (2008) dan mba Intan (2008).
Pada saat wawancara kita akan diminta menjawab pertanyaan dari 2 orang panitia. Pertanyaan yang diajukan meliputi pengalaman pendidikan, pekerjaan, dan prestasi kita. Kita diminta menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur dan jawaban kita akan direkam menggunakan recorder.



Tips

A. Tes Kebugaran dan tes kesehatan
  1. Jaga pola makan dan pola tidur menjelang tes
  2. Berlatihlah lari setiap pagi mengelilingi lapangan selama mungkin
  3. Pada saat tes lari, tidak perlu lari cepat, lari biasa saja namun stabil. Usahakan menggunakan pernapasan perut saat berlari agar tidak cepat ngos-ngosan. Tanamkan motivasi “Kamu lebih kuat daripada apa yang kamu pikirkan”. Apabila mulai merasa kelelahan, ikuti langkah kaki orang yang berlari di depan kita, ini akan membuat kita juga ikut termotivasi berlari lagi.
B. Tes Wawancara
  1. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan (CV, KTP, dan Tanda Peserta)
  2. Tidurlah lebih awal pada malam sebelum tes agar kondisi lebih prima.
  3. Berangkatlah lebih awal agar dapat nomor antrian awal dan juga tidak terburu-buru.
  4. Latihan tanya jawab terlebih dahulu dengan teman agar perasaan grogi tidak berlebihan.
  5. Jawablah pertanyaan panitia dengan jujur dan jelas. 

Jumat, 29 November 2013
Posted by YUSUF MUFTI

Tes Psikotes CPNS Kemenkeu 2013


Jumat 1 November 2013, Pengalaman ikut tes Psikotes yang kedua bagiku. Dulu, tahun 2007 aku pernah ikut tes psikotes waktu melamar kerja di PT Astra Daihatsu Motor. Konsep tesnya tidak jauh berbeda, hanya untuk tes psikotes Kemenkeu ada tambahan jenis tesnya. Kalau kemarin sih kata Ibu Pemandu tes Psikotes di Kemenkeu bahwa tes Psikotes salah satunya untuk mengukur tingkat kecepatan dan ketepatan dalam membuat keputusan.

Sepertinya tujuannya memang untuk mengukur tingkat ketangkasan dalam membuat keputusan, buktinya ada banyak soal yang disediakan namun dengan batasan waktu yang cukup singkat. Kalau terlalu terpaku pada satu soal maka waktu akan habis dan soal lain akan melompong. Meskipun kecepatan juga diprioritaskan, nilai kebenaran jawaban juga tidak kalah penting. Banyak soal dijawab namun banyak salahnya juga kurang baik.

Tes psikotes yang aku ikuti tanggal 1 November 2013 dimulai pukul 08.30 s.d 15.00 (istirahatnya lebih lama karena hari Jumat). Waktu break (istirahat) di pertengahan tes sekitar 5-10 menit. Seingatku ada 7 macam jenis tes. Apa saja sih jenis soal Psikotes Kemenkeu?

Pertama, tes pola gambar. Tes ini menguji analisis kita pola gambar, misalnya ada 4 gambar bangun datar yang diarsir hitam semua. Maka pada pilihan jawaban kita cari bangun datar yang diarsir hitam juga.
Kedua, tes bentuk kemungkinan gabungan gambar. Tes ini menguji analisa kita menentukan gambar manakah yang merupakaj gabungan dari beberapa potongan gambar bangun datar. Misalnya ada tiga buah bangun datar (lingkaran, persegi, dan segitiga sama kaki). Maka kita mencari mana saja gambar yang mungkin dibentuk dari gambar tadi.

Ketiga, tes hubungan makna. Tes ini mencari hubungan SINONIM dan ANTONIM dari sebuah kata kemudian kita mencari jawaban menjadi SINONIM atau ANTONIMnya. Misalnya kita melihat soal “suka”. Kita cari jawaban yang bersinonim atau berlawanan arti dengan kata “suka” (misal jawaban benci).
Keempat, tes Hitung Cepat. Tes ini berisi pertanyaan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kalau dilihat soalnya cukup simple, namun batasan waktunya cukup singkat. Soal yang jumlahnya 40 soal diberi waktu 7 menit.

Kelima, tes psikologi. Kita diminta menjawab kondisi yang sesuai dengan pikiran dan perasaan kita. Ada pilihan Sangat Benar, Banyak benarnya, Ragu-ragu, Banyak salahnya, dan Sangat Salah. Tes psikologi yang kedua kita dihadapkan 3 pernyataan tiap soalnya. Kita diminta memilih 1 pernyataan yang menurut kita lebih prioritas dan mendekati cara bertindak kita.

Keenam, tes penalaran. Tes ini berisi soal perbandingan-perbandingan misalnya dalam hal umur dan kepandaian. Contoh soalnya Adi lebih tua daripada Beni, Beni lebih tua daripada Choki. Pertanyaannya, siapakah yang paling tua?

Ketujuh, tes Pauli. Kita diberi aba-aba untuk mengerjakan tes Pauli ini dengan “Mulai” dan “Garis”. Tes Pauli ini mengukur tingkat kualitas jumlah pengerjaan soal dan tingkat kebenarannya.

Terakhir adalah tes grafis. Kita diminta membuat 8 gambar dari sebuah titik, garis, atau lengkungan yang tersedia. Kita juga diminta menggambar pohon berkambium dan gambar manusia.

Untuk tips-tips pengerjaan soal tes Psikotes telah banyak dibahas di berbagai buku dan blog tentang psikotes. Namun, satu modal yang harus diingat adalah cukup tidur pada malam hari sebelum tes dan jangan sampai telat. Itu akan membuat stamina kita lebih terjaga dan percaya diri.
  
Kamis, 07 November 2013
Posted by YUSUF MUFTI

GRE hingga SeaWorld part II

shabrinac.blogspot.com
*** Lanjuuutt…
Aku pernah masuk ke Taman Impian Jaya Ancol terakhir tahun 2009. Saat itu ada family day untuk seluruh karyawan Daihatsu. Jadi ingat waktu itu, aku mencoba beberapa wahana Dunia Fantasi seperti Tornado, Kicir-Kicir, Kora-kora, dan lainnya. Aku juga dapat doorprize sebuah setrika listrik yang masih bisa digunakan hingga saat ini.

Ceritanya aku mulai dari stasiun Senen saja ya biar urut. Kita bisa ke Ancol menggunakan busway TransJakarta. Posisi shelternya terletak di sebelah barat pasar Senen. Harga tiket busway cukup murah, yakni Rp 3.500. Bisnya ber AC dan nyaman. Trus masuk shelter dan tanya saja bis yang ke arah Ancol, nanti ditunjukkan kok. ( jangan malu bertanye ye, orang jakarte baek baek kok , apalagi petugasnye, hee ).

Perjalanan dari shelter busway Senen ke Ancol sekitar 15 menit ( tergantung kecepatan busnya… ingat rumus kecepatan kan? V = s / t , hee) 

Kalau dulu gratis, kali ini aku mengeluarkan isi dompet untuk beli tiket masuknya. Pengin tahu berapa harga tiket masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol? Rp 17.500 per orang. Tiket itu belum termasuk tiket masuk Dunia Fantasi, Atlantis ataupun yang lain.  

Wahana yang tersedia di Ancol ada banyak, contohnya
1.    Dunia Fantasi, ini kayak pasar malem pokoknya, tapi lebih keren. Ada istana  boneka dan rumah miring. Ada Tornado, kora-kora, hingga Jet Coster.. Tiket hari biasa 150rb, tiket weekend 250rb.
2.     Pantai Festival, ini pantai yang biasanya untuk acara-acara tivi and konser. Kalau bisa sih bawa payung  atau topi, panass di sini.
3.     Pantai Indah, ini pantainya good lah, ada dermaganya juga, jadi kaya di film romantisss… hee.. Kalau mau berenang juga bisa di sini. Ada juga yang nyewain pelampung lho..  Jangan khawatir kalo udah basah-basahan di pantai, karena ada shower untuk mandi + toilet + toko baju dekat toiletnya. (pinter juga nih penjualnya, strategis and sip dah). Mau naik kapal? Di sini juga ada, cukup bayar 10rb/orang diputer-puterin di atas laut.
4.     Sea World, ini sih mirip akuarium raksasa. Ikan-ikannya benar-benar keren, ada ikan duyung, ikan hiu, ikan pari, penyu, dan masih ada 30 spesies ikan cantik lainnya. Tiket masuknya per orang 70rb kalo weekend, 60rb hari biasa ( senin – jumat). Ada diskon cukup besar kalo rombongan dari sekolah.
5.     Gondola, ini kereta gantung yang melintang sepanjang Ancol. Nikmati berada di atas laut dengan kereta gantung. Untuk tiket hari biasa harganya 30rb, sedangkat weekend tiketnya 40rb per orang.
6.     Ocean Dream, ini wahana atraksi beberapa hewan laut, seperti lumba-lumba dan kuda nil. Di sini juga ada film 4D. Tiketnya 110rb.
7.     Dan masih ada beberapa wahana lainnya. Untuk informasi, promo, dan harga bisa dilihat di websitenya ancol. http://www.ancol.com.           

      Fasilitas yang menarik di ancol adalah penyediaan bus WaraWiri untuk antar jemput wisatawan. Fasilitas ini gratis. Kita cari saja shelter Bus WiraWiri dan tunggu beberapa saat. Kalau hari Sabtu-Minggu, bus WaraWiri selalu berkeliling, namun untuk hari biasa, senin – jumat, ada jadwal-jadwal kedatangan bus WaraWiri tersebut. Bagi yang punya bus, mobil dan motor juga tidak kena biaya parkir lho… gratis parkir mulai jam 8.00 – 20.00 WIB.

~ Intermezo ~
Tips asyik di Ancol
Usahakan kalo ke Ancol jangan sendiri, biar rame dan asyik. Selain itu, usahakan bawa kamera yang PRO. Sayang kalo kenangan di Ancol diabadikan kurang maksimal. Wahana ancol rata-rata buka mulai pukul 09.00, so, usahakan jam 8.00 udah di Ancol.
Kalo jumlah dari rombongan lebih dari 5 bisa dapat potongan khusus lho, jadi jangan sendirian ya kalo ke sini. Selain itu kan bisa gantian motoin kamu.
Minuman mineral di sana hanya disediakan Prime-A, tidak ada Aqua maupun lainnya. Kalo mau hemat sih udah beli air mineral dulu di luar Ancol.
Makanan di sana standarnya 10rb ke atas. Kalau mau makan ada beberapa pilihan, Popmie di sana 8rb, Ayam Chicken di sana sekitar 18rb-32rb per porsi.


Itu sekadar pengalaman kecil aku dan istri jalan-jalan di Jakarta. Kalau kamu punya cerita bisa juga kasih koment di postingan ini.  

Sabtu, 19 Oktober 2013
Posted by YUSUF MUFTI

GRE hingga SeaWorld part 1

www.skyscrapercity.com

Ini adalah jalan-jalanku ke Jakarta di bulan Oktober, tepatnya tanggal 17 s.d 19 Oktober 2013. Tulisan ini ingin menceritakan beberapa informasi dan tips ketika bepergian ke Jakarta.

Aku pergi ke Jakarta ditemani istri tercinta pada tanggal 17 Okt 2013. Kami menggunakan kereta api ekonomi Gaya Baru Malam. Berangkat dari Lempuyangan Jogjakarta sekitar pukul 17.10 sesuai jadwalnya. Kalau di tiket tertulis keterangan sampai di Jakarta pukul 02.00, namun kenyataanya sampai sana sekitar pukul setengah 4 pagi.

~ Intermezo ~
Catatan Tips tentang Kereta Api
Alasanku memakai kereta api adalah karena kereta api menurutku lebih cepat dibandingkan bus. Kenyamanannya juga lebih nyaman, ada toiletnya juga.  Kalau pengin buang air kecil kapanpun lebih fleksible dibandingkan bus. Alasan lain karena saat ini kualitas layanan kereta api semakin bagus. Dahulu kereta api terkenal sangat sering telat jadwal, namun sekarang cukup on time.

Kalau ingin menggunakan jasa kereta api saat ini usahakan pesan tiketnya paling lambat 1 minggu sebelum hari H ( untuk mencegah kehabisan tiket, apalagi kalau agenda perginya weekend, jangan telat memesan). Kalau mau antri di loket tiket kereta api tidak masalah, tapi kalau banyak agenda menanti dan waktu kita sulit berkompromi, alternatifnya bisa beli tiket di Indomaret, Alfamaret, atau bisa juga beli di website tiket.com. Biayanya tambah Rp 7500 per tiket. Oiya, kalau tiket kereta api ekonomi menurut informasi terakhir tidak bisa dibatalkan, diganti nama, atau diganti hari. Kalau tiket bisnis masih bisa dibatalkan. Harga tiket kereta api ekonomi berkisar harga 50rb, sedangkan bisnis berkisar antara 180rb – 250rb. Hari-hari weekend biasanya harga tiketnya lebih mahal.


*** Lanjut ya..

Sekarang cerita tentang  GRE , aku ikut tes GRE untuk mendapatkan sertifikat sebagai kelengkapan syarat pengajuan beasiswa. Ikhtiar moga tahun 2014 bisa berangkat untuk mengikuti kuliah master software engineering. 

Di Indonesia instansi yang mengadakan tes GRE dan bekerja sama dengan pihak ETS adalah IIEF. Lokasinya berada di lantai 28 Menara Imperium, yang beralamat di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Jarak lokasi IIEF dari stasiun Senen kalau di Google Map sebenarnya berkisar 8km, namun untuk menuju lokasi tersebut kalau harus menggunakan angkot harus nunggu jam 06.00 WIB. Jam 05.00 metromini no 20 (Senen – Lebak Bulus ) belum ada, akhirnya pakai Taksi.

Tarif taksi memang bisa pakai argo, bisa juga negosiasi. Kali ini saya negosiasi sajalah karena tarif argonya ketika saya tanya sopirnya tidak menjawab dengan jelas. Para sopir akan memberikan harga sekitar 50rb untuk jarak tempuh 10 km-an (perkiraan saya saja). Trus saya tawar 30rb dan sedikit nego2 akhirnya mau juga. Enaknya pakai taksi memang lebih nyaman dan lebih cepat (kalo gak diputer2in..hee…).

Tes GRE sendiri dilaksanakan kurang lebih selama 4 jam. 1 jam untuk Analysis Writing, 3 jam untuk Verbal dan Quantitative Test.  Tingkat kesulitan GRE menurutku ketika seseorang kurang vocabulary nya. Tes hitung-hitungan dasar juga ada ( seperti rumus bangun datar, permutasi, kombinasi, persamaan kuadrat, dan persamaan linear).  Kalau pengen belajar GRE kita bisa melalui tutorial di youtube, atau menggunakan buku GRE preparation. Aku sempat kesulita mendapatkan buku persiapan GRE, karena ketika mampir di toko buku Gramedia, Togamas, dan Sosial Agency ternyata tidak ada stoknya. Setelah pencarian panjang, akhirnya ketemu di situsnya bangedi.com. Harganya cukup murah untuk ukuran sebuah buku yang langka di Jogjakarta, yakni 115ribu.

~ Intermezo ~
Tips aman cari angkot / taksi
Tanya dan ngobrol dengan penjual atau warung. Beli aja air minum untuk membuka pembicaraan. Informasi dari penjual di warung / tukang asong cukup membantu agar tidak tertipu. Usahakan bertanya kepada sopir/ tukang ojek ketika memang sudah tidak ada yang bisa ditanya, namun kalau menurut pengalaman saya sih jangan mudah percaya dengan penjelasan tukang ojek/ sopir, karena beberapa oknum ada yang memberikan informasi berlebihan (melebih2kan misalnya jaraknya cuma 1 km, tapi mereka jawabnya jauh bangetss).



Posted by YUSUF MUFTI

Belajar dari Semangat Difabel UIN Sunan Kalijaga



Peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus pun memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan, baik berupa proses belajar mengajar maupun fasilitas penunjang pendidikan. Mereka juga manusia yang memiliki harapan untuk menjadikan kehidupan lebih bermakna dan bermanfaat bagi sesama.

Saya salut dengan perjuangan PSLD UIN Sunan Kalijaga beserta staf dan mahasiswa relawannya, yang secara aktif memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa difabel. Membantu mengenalkan kampus, membantu ketika terjadi problem teknis maupun pribadi, dan masih banyak lainnya. Perjuangan mereka muncul pada motivasi mahasiswa difabel begitu besar  sampai mereka (difabel) nampak seperti orang biasa.
Motivasi apa sih yang membuat mereka tetap menikmati kehidupan yang tidak 'sempurna'? 

Kalau pengalaman saya pas ngobrol dengan salah satu mahasiswa difabel tuna netra, dia memiliki semangat, meskipun tidak bisa melihat indahnya dunia. Semangatnya adalah kehidupan itu sendiri. Semangat meraih prestasi dan semangat menjadi pribadi yang berkualitas.

Dan momen 15 Desember tahun lalu (2012) menjadi momen partisipasi saya berkarya semampu dan sesuai bidang saya. Waktu itu ada informasi ada lomba media pembelajaran dan alat bantu untuk difabel dari Pak Nurochman (dosen pembimbing skripsi saya). Iseng-iseng saya menuliskan aplikasi-aplikasi yang mungkin bisa berguna bagi difabel. Akhirnya saya daftarkan saja aplikasi Qicodi (Qibla Compass Difabel) sederhana. Tak disangka, aplikasi tersebut masuk 3 besar media yang terpilih dan menjadi juara kedua.

Momen itu memberikan banyak pengalaman dan semangat untuk tidak mudah menyerah . 53mangat.

 
Minggu, 13 Oktober 2013
Posted by YUSUF MUFTI

- Copyright © Yusuf Mufti -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -