Berkunjung ke Masjid Nabawi, Madinah


Kota Madinah, kota mulia, ada Rasulullah di sana.

Lokasi kampus King Fahd University of Petroleum and Mineral berjarak lebih dari seribu kilometer dari Madinah. Perjalanan bisa ditempuh melalu jalan darat (bus) atau menggunakan pesawat.

Ongkos bus pun dibagi dua, ada yang menggunakan paket umroh travel (hamla) dan ada yang menggunakan pakai layanan bus SAPTCO. Misalnya, saya mau ke Makkah dulu, setelah itu baru ke Madinah, dan kembali lagi ke kampus, total biaya transportasi menggunakan bus paket umroh sekitar 100-120 SR. Sedangkan, menggunakan bus SAPTCO, untuk rute yang sama, saya merogoh saku sekitar 250 SR.

Baca juga Berkunjung ke Makkah, Saudi Arabia

Perbedaannya adalah bus  travel (hamla) tidak bisa fleksible, waktunya sudah ditentukan, kapan kumpul, kapan berangkat, harus ikut aturan waktu travel. Sedangkan menggunakan bus SAPTCO, kita bebas mau berangkat kapan saja asalkan masih ada jadwalnya (catatan: waktu expired tiket SAPTCO setelah 6 bulan).

Waktu tempuh menggunakan pesawat sangatlah berbeda, yakni sekitar 2-3 jam. Adapun biaya penerbangan dari airport King Fahd International Airport (Dammam) mulai dari harga 300 SR ke atas untuk sekali perjalanan.

Adanya musim dingin dan musim panas di Arab Saudi tentunya membuat kita harus bersiap dengan cuaca. Kalau bulan November sampai Maret, sebaiknya bawa jaket yang lebih tebal karena musim dingin. Sedangkan mulai bulan April sampai Oktober, jaket tak perlu tebal, karena musim panas, siapkan air secukupnya karena sering haus.

Baca juga Jalan-jalan ke Malaysia

Berkunjung ke Masjid Nabawi alangkah baiknya diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt serta sebagai usaha menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw. Wajar sekali memang jika kita merasa takjub atas keindahan masjid ini, namun esensi yang perlu ditekankan adalah niat beribadah.

Ada beberapa lokasi di dalam dan sekitar masjid yang perlu dialokasikan waktu mengunjunginya.
  1. Makam Rasulullah, untuk melihat makam Rasulullah masuklah melalui pintu Bab Salam, tepatnya di sebelah barat tempat imam.
  2. Raudah , lokasi di antara mimbar dan makam Rasulullah, secara mudahnya di belakang imam dan menggunakan karpet hijau (selain Raudah menggunakan karpet warna merah)
  3. Makam Baqi, bila kita masuk melalui pintu utama, maka posisinya ada di bagian luar masjid, di ujung samping sebelah kiri, atau secara mudahnya di sebelah timur tempat imam
  4. Masjid Quba, bisa ditempuh dengan taksi sekitar 15 menit.
  5. Masjid Qiblatain
  6. Masjid Khandak
  7. Jabal Uhud, tempat makam para syuhada Perang Uhud, pakai taksi sekitar 15 menit.
  8. Museum Hijaz, ada peninggalan-peninggalan bersejarah kota Madinah, termasuk kereta api yang pernah menghubungkan Turki dengan Madinah. Posisinya 1 KM di sebelah barat Masjid Nabawi.
  9. Museum Al Quran, lokasi di samping area Masjid Nabawi
  10. Museum Rasulullah, lokasi di samping area Masjid Nabawi
  11. Museum Asmaul Husna, lokasi di samping area Masjid Nabawi 
  12. Percetakan Al Quran, lokasi sekitar 30 menit dari Masjid Nabawi, antrian panjang, kurang cocok untuk yang waktunya sedikit.
Bersama Arum Al Buntana dan Ihsan di depan Masjid Nabawi


Tips
1. Untuk keamanan barang berharga tetap jadikan perhatian ya. Tetap ada oknum yang mencari kesempatan.
2. Transportasi perlu tawar menawar, misal mereka bilang 50 SR, jangan langsung mengiyakan. Ada beberapa sopir sudah deal harga, kemudian sambil mencari penumpang lain, kita disuruh nunggu. Cukup tau saja.
3. Makanan, untuk nasi sekitar 10-15 SR sudah termasuk ayamnya. Sedangkan makanan seperti shawarma, sekitar 5-8 SR. Banyak pilihannya kok.

--- * * * ---















Alhamdulillah, perjalanan sekitar 6 jam bila dari Makkah, atau 18 jam bila dari kampus selalu diberikan kenyamanan oleh Allah SWT. Semoga kita semua diizinkan rindu kepada Madinah, tempat manusia terbaik berdakwah dan saat ini berada.

0 Response to "Berkunjung ke Masjid Nabawi, Madinah"

Post a Comment