Aplikasi Android : E-letter Kebumen

Aplikasi E-letter dirancang untuk menerapkan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Aplikasi yang dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen ini terdiri atas dua platform. Pertama adalah platform web yang diakses melalui alamat eletter.kebumenkab.go.id.

Aplikasi versi web ini dikembangkan oleh programmer atas nama Lukman Mutoif. Kedua adalah platform mobile Android yang dapat diakses di Playstore dengan kata kunci "eletter kebumen". Adapun platform mobile  ini dipercayakan pengembangannya kepada saya.

Ada beberapa konsep penting yang menjadi inspirasi dan semangat kami dalam pengembangan aplikasi secara teknis.
  1. Konsep satu untuk semua. Baik aplikasi platform web maupun platform mobile sama-sama hanya memiliki satu aplikasi atau satu alamat. Sehingga semua level user (admin, operator, pengguna) tidak perlu mengakses alamat atau aplikasi yang berbeda. Hal ini agar pengguna lebih praktis dalam menggunakannya.
  2. Konsep user oriented (mudah digunakan). Melalui eksperimen dan analisa yang tidak singkat, kami mencoba membuat aplikasi yang mewadahi kebutuhan namun tetap mudah dan nyaman digunakan. Ketika pengguna nyaman memakainya, maka aplikasi akan lebih bermanfaat.
  3. Konsep inovasi berkelanjutan. Sebuah aplikasi yang ingin eksis harus mau mengalami perubahan-perubahan. Apalagi teknologi seperti OS Android selalu memperbarui kebijakan-kebijakan di versi terbarunya. Misalnya, pada OS Android versi 6.0 tidak ada masalah dengan alamat tautan http, namun pada versi 8.0 ke atas mengharuskan tautan API yang diakses harus menggunakan SSL (https). Tanpa adanya monitoring terhadap penggunaan dan keluhan dari pengguna, maka kemanfaatan sebuah aplikasi akan menurun.
Sejak dikembangkan mulai Agustus tahun 2018, aplikasi ini mengalami beberapa perubahan baik secara user interface, maupun secara alur. Akhirnya, pada bulan Juni 2019 aplikasi ini mulai digunakan secara resmi di lingkungan pemerintah Kabupaten Kebumen.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama