7 Sebab Kegagalan Lolos Seleksi CPNS Yang Jarang Diketahui Orang

Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) adalah agenda besar yang ditunggu-tunggu oleh lulusan universitas di Indonesia. Profesi sebagai PNS menjadi salah satu idaman masyarakat Indonesia karena standar gajinya yang lumayan gede (apalagi kalau ada tunjangan ini itu) dan menyediakan jaminan uang pensiun di hari tua.



Perlu diketahui, dalam seleksi ini seseorang harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan orang untuk mendapatkan satu posisi CPNS. Ada banyak faktor yang menjadikan seseorang akhirnya menjadi seorang PNS. Salah satunya faktor keberuntungan, misalnya pada posisi tersebut kualifikasi yang diminta sangatlah jarang yang memenuhinya sehingga persaingan tidak terlalu ketat. Faktor lain adalah keseriusan, orang yang benar-benar berjuang pasti akan menyiapkan diri agar layak mendapatkan posisi yang diidamkan.

Artikel ini sangat cocok buat kamu yang sedang persiapan menghadapi proses seleksi CPNS. Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman pribadi waktu ikut seleksi CPNS Kemenkeu tahun 2013 mulai dari tes administrasi, tes TKD, tes TPA, tes kebugaran dan wawancara.Ada juga inspirasi dari beberapa pengalaman teman-teman saya.

Berikut ini akan saya ulas beberapa contoh kesalahan fatal yang jarang disadari akhirnya membuat orang akhirnya gagal lolos seleksi CPNS. Harapannya setelah membaca tulisan ini kamu bisa menjadi pemenang dalam berkompetisi di CPNS tahun ini.

1. BELUM LULUS KULIAH

Sudah menjadi syarat umum untuk para calon peserta seleksi CPNS adalah lulusan universitas ataupun sekolah tinggi lainnya. Buat kamu yang masih kuliah atau malah menjadi mahasiswa semester akhir, sudah tentu akan gagal di tahap pertama yakni pemberkasan. 

Fokus saja dulu sama kuliah, entar kalau memang rejekinya bakal ada lagi kok. Misalkan IPK kamu di bawah angka 3 dan ada kesempatan nambah berarti inilah saatnya kamu kuliah lebih serius bro. Kalau tetap gak bisa, bisa jadi rejeki kamu memang di tempat lain. Sing tabah yo rek.

2. SUDAH LULUS KULIAH DI LN, GAK ADA ONGKOS PULANG

Kuliah di Luar Negeri (LN) memang kelihatan keren bro, foto-foto FB penuh dengan footage asing. Namun, di balik itu semua ada rahasia yang kadang ditutup-tutupi. 

Hidup di LN itu gak ada nasi kucing dengan harga 3000 perak, minimalnya burger itu ya sekitaran 15 ribuan rupiah, kalau nasi ayam sekali makan bisa sampai 50 ribuan rupiah, gimana kalau 3 kali makan bro? kalau diitung-itung nih gak makan sehari di LN bisa buat beli paket data 5GB di Indonesia. hehe. 

Ada lho temen-temen mahasiswa yang sudah lulus di LN tapi kesulitan buat pulang kampung karena tiket pesawat belum ada promo. Akhirnya momen CPNS yang mereka targetkan mau tidak mau harus diikhlaskan begitu saja. Jadi perlu bersyukur nih buat kamu yang kuliah di DALAM NEGERI dan SUDAH LULUS. Horree...

3. GAK PUNYA PAKET DATA

Jaman sekarang informasi seleksi CPNS disebarkan lewat media internet seperti website dan grup-grup chatting. Pendaftarannya pun juga dimulai dari upload-upload berkas lewat internet. Gara-gara tinggal di pelosok, jaringan internetnya kadang datang kadang ngilang, ditambah teman ngobrolnya kurang update informasi kekinian alhasil gak rejekinya ikutan deh. 

Saran saya selama periode seleksi CPNS, beli paket data yang bagus sinyalnya ya, atau kalau gak punya gadget smartphone/laptop ya sempatkan ke warnet seminggu dua kali buat update info CPNS. 

Ada cara ekstrim yang gak saya rekomendasikan. Untuk momen CPNS kali ini, jadi tukang parkir di depan warnet, lumayan ntar bisa minta tolong sama petugas warnet buat ngecek info terbaru sekaligus uang setoran parkir bisa buat nambah jatah jajan. Hehe. 
4.  KALENDER LAMA

Ada gak di antara kamu yang di rumah/kamar kos-kosan kalender tahun kemarin masih nempel di dinding? 

Saya sarankan meskipun gambar-gambar di kalender tersebut keren, sementara simpan dulu deh di lemari. Jangan sampai kamu salah lihat kalender tahun lalu pas nyocokin tanggal seleksi. Kecuali kamu belum bisa move on.

5. SALAH NDAFTAR

Bisa jadi kamu dulu ingin kuliah ilmu komunikasi, terus karena gak fokus pas ngisi formulir akhirnya salah pilih jurusan masuk ilmu komputer. 

Nah, sekarang kalau kamu sudah jadi sarjana ilmu komputer, jangan sampai daftar yang kualifikasinya jurusan ilmu komunikasi ya. Mungkin kamu saat ini belum bisa move on, tapi yakinlah ada rencana indah yang disiapkan oleh Sang Pencipta buat kamu.

Baca juga: Tes Kebugaran dan Wawancara CPNS Kemenkeu

6. AHLI RONDA MALAM

Kalau kamu orangnya suka berkorban di masyarakat dengan aktif ikut ronda di malam hari, untuk momen CPNS kali ini bolos ronda dulu ya. 

Kamu gak mau kan bangun pas seleksinya udah kelar? Tersisa kursi-kursi kosong di ruangan tes dan peserta lainnya pada lagi bayar uang parkir motor. Peribahasanya, gara-gara ronda semalam, gagal deh persiapan berbulan-bulan.

7. NGETES PETUGAS SELEKSI

Memang ada yang berani ngetes petugas seleksi? Ada. Contohnya gimana? Ngirim berkas yang gak sesuai persyaratan, jadi kita ngetes petugas seleksi beneran kerja atau gak. Kalau pas nasibnya dapat petugas yang kurang teliti atau terlalu baik hati, berkas yang gak lengkap tetap akan diproses. 

Ini cocok buat orang yang memang gak niat seleksi CPNS alias sekedar coba-coba kayak ikut undian berhadiah.

Itu dia Tujuh Sebab Kegagalan Lolos Seleksi CPNS yang bisa saya bagikan. Tulisan ini sekedar untuk fun semata. 

Kamu mau nambahin? taruh di kotak komentar ya, ntar saya update dengan menyertakan nama kamu. Hehe.

Selamat berjuang, awali dengan niat baik, agar apapun hasil yang diperoleh membawa berkah dan hikmah.

0 Response to "7 Sebab Kegagalan Lolos Seleksi CPNS Yang Jarang Diketahui Orang"

Post a Comment