Wisata Museum di Dekat Novotel Mangga Dua

Jalan-jalan ke kota yuk, weekend.

Kita berangkat hari sabtu pagi, pulang minggu malam. Biar nggak kecapaian karena macet, nginap aja di Novotel Mangga Dua. Hotel yang nyaman dan lengkap, letaknya ada di Mangga Dua Square. Dekat dengan lokasi wisata yang akan kita tuju. Untuk kenyamanan dan pelayanan penginapan yang prima, dapat anda pesan di sini. Novotel mangga dua menjadi bagian terbaik di Jakarta.

Desain bangunannya modern dan memiliki kelengkapan kamar dan juga fasilitas yang akan menambah betah meskipun ada di tengah ramainya kota Jakarta.


Kamar yang nyaman di Novotel Mangga Dua. Sumber : novotel.com

Nah, langsung saja tempat wisata mana saja yang bisa kita datangi di kota? Banyak lho, berikut ini beberapa diantaranya:

Art : 1 Museum
Museum berlokasi tak jauh dari hotel. Jaraknya hanya sekitar 2 kilo meteran. Bila ditempuh dengan berjalan santai mungkin sekitar 30 menit saja. Lokasinya di Jalan Rajawali Selatan Raya 3 Jakarta. museum ini mengusung jargon “Art : 1. Art for every one”. Museum ini berdesign modern minimalis dengan garis-garis sederhana namun futuristic, dan memiliki fasad eye catching berwarna merah.

Museum ini menyatu dengan galeri seni rupa. Ada seri rupa lukisan, ada patung, dan seni rupa instalasi. Di museum ini termasuk destinasi wisata yang instagramable. Iya, ambiance seni modern disini ketal sekali. Banyak object yang unik dan menarik untuk diabadikan. Mau mengabadikannya sebagai murni karya seni atau mau berfoto bersama, bisa. Banyak cara keren untuk selfi di sini.

Di loby foyer, sebuah seni instalasi sangat besar menyambut. Seni instalasi yang  menggambarkan tukang (berwarna silver), yang sedang membuat bangunan berdiri diatas scaffolding berwarna merah menyala.
 

Art Space 1 di Art : 1 Museum. Sumber :biei.us

Di ruang pertama, merupakan ruang galeri seni rupa. Disini terpajang beberapa karya lukis kontemporer.

Di Art Space 1 (mereka menamai ruangnya dengan nama Art Space), disini disebutkan “Permanent Collection :”Fine Art and Social Text”. Di sini dipajang lukisan-lukisan bertema social text. Seni rupa kontemporer ini-baik lukisan maupun seni instalasi- melukiskan permasalahan sosial, terutama penegakan hukum di Indonesia. Salah satu contohnya misalnya, menggambarkan Dewi Keadilan yang matanya tertutup oleh sehelai pita, sedang menggenggam seorang laki-laki dengan salah satu tangannya.

Lalu ada pula seni instalasi sebuah bantal bermikrofon banyak. Entah apa maksudnya, apakah pidato-pidato atau orasi-orasi hanya mandeg di tataran tekstual –seperti tertidur- tak terealisir? Atau apa. Ya, seni rupa bisa ditafsirkan beragam, tapi tentu tak terlalu jauh dari yang ingin disampaikan si senimannya.

Di Art Space 2 berjudul “Beyond the Mooi Indie”. Bagian museum ini memajang seni lukis yang menggambarkan kecantikan dan keeksotisan Indonesia. Berawal dari seniman-seniman belanda sebagai pionernya, lalu kemudian seniman-seniman Indonesia juga mulai berkiprah

Art space 3, berjudul “Indonesian Art in the Twentieth and Early Twenty First Century”. Isi galeri ini menggambarkan berkembangnya karya pelukis Indonesia di akhir abad 20 menuju abad 21. Lukisan-lukisan sebagian mulai beralih aliran dari romantis yang menggambarkan kecantikan alam Indonesia, mulai beralih ke abstak dan kubisme.

Beranjak dari Museum seni rupa Art : 1, kita mengunjungi SeaWorld. Lokasinya berada dalam komplek besar Ancol di Jalan Lodan Timur No. 7, Kota, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. SeaWorld merupakan alive museum atau museum hidup. Sebelumnya saya pernah bercerita tentang pengalaman jalan-jalan ke SeaWorld.

Di SeaWorld kita bisa menemukan beragam anggota hewan air, Mulai dari ikan hiu, penyu, bintang laut, ikan laut warna warni, ikan pari, gurita, ikan air tawar, dan sebagainya. SeaWorld memiliki koleksi ikan yang banyak dan beragam.

Awal masuk kita akan melihat akuarium utama. Akuarium ini berisi koleksi ikan kurang lebih 35.500 ekor dari 35 spesies berbeda. Ukuran akuarium ini 38 x 24 meter persegi, dengan kedalaman sekitar 6 meter dan menampung 5 juta meter kubik air laut.


Lorong Antasena di Seaworld. Sumber : manusialembah.blogspot.co.id

Lokasi kedua adalah area akuarium air tawar. Berisi koleksi ikan-ikan air tawar dari berbagai negara. Bahkan ikan arapaima gigas dan ikan piranha juga ada. Lalu ada akuarium Lorong Antasena, lorong bawah air dengan kubah tembus pandang sepanjang 80 meter. Disini terdapat pijakan berjalan otomatis, jadi pengunjung tinggal diam berdiri sembari menikmati ikan-ikan yang berenang di atasnya.

Kemudian ada akuarium dugong. Dugong atau ikan duyung merupakan mamalia laut yang sangat langka. Di akuarium ini juga ada otter trek, hewan mamalia kecil yang hidupnya semi akuatik.

Kemudian ada akuarium terumbu karang. Berisi ekosistem terumbu karang seperti sponge laut, koral terumbu karang, hewan-hewan terumbu karang yang menyerupai tanaman laut yang melambai-lambai, ikan-ikan cantik penghuni terumbu karang.

Lalu ada akuarium gurita raksasa, akuarium kepiting laba-laba, ikan nanas, dan Bahkan di sini kita bisa melihat nautilus, hewan bercangkang yang merupakan hewan yang telah ada sejak jaman purba.
Di sini terdapat kolam sentuh yang memanjang, yang isinya adalah bintang laut serta penyu laut. Hewan-hewan ini lumayan jinak.

Wahana lainnya di sekitar SeaWorld yang bisa kita kunjungi ada banyak seperti dibahas di artikel sebelumnya.

Pengalaman tentang transportasi di Jakarta memang tidak akan terlupakan. Setelah cape berjalan-jalan menikmati Jakarta, kita bisa beristirahat santai di kamar Hotel Novotel Mangga Dua dengan santai. 

0 Response to "Wisata Museum di Dekat Novotel Mangga Dua"

Post a Comment