Kekuatan Doa dan Dream Connecting


Bercerita tentang kekuatan menanam mimpi sejak usia dini.

Kisah nyata, ada seorang anak kecil usia 5 tahun disuruh ibunya lari-lari keliling masjid samping rumahnya tiap pagi. Sang Ibu nyuruh muternya kelipatan 7, kalau kuat 14, 21 dst. Ibunya kurang lebih bilang "Nak, Sekarang kamu puterin tuh mesjid, besok biar bisa puterin Ka'bah". 

Dengan izin Alloh, 20 tahun kemudian anak tersebut berangkat tuh ke Arab Saudi, bisa ibadah di dekat Ka'bah melalui jalan yang gak kepikiran sebelumnya. 

Biar nambah wawasan, kita bahas sebentar tentang doa ya. Sebagai manusia yang beragama pasti butuh komunikasi dengan Tuhan (Alloh). Sarana komunikasi kita dengan Alloh bisa melalui doa.  

Komunikasi dengan Alloh tujuannya apa sih? 

Bisa untuk menyampaikan unek-unek, menyampaikan permohonan, atau untuk menyampaikan terima kasih.

Manfaatnya apa juga ngasih tau unek-unek kita ke Alloh? Bukannya Alloh Maha Mengetahui baik yang kelihatan maupun yang tersembunyi? 

Iya, bener. Alloh memang tahu apa yang kita pikirkan, kita inginkan, dan yang kita sembunyikan. Yang jadi perhatian adalah itu kita kan yang butuh ke Alloh. Kita yang pengin tambah deket, tambah inget, dan tambah mikir ke Alloh. Kalau yang derajatnya sudah dekat banget sama Alloh jadinya apa-apa jadi gampang banget, gak perlu banyak ngeluh kemana-mana lagi. Cukup krentek di hati, bakal dikabul oleh Alloh.

Coba kita inget-inget lagi deh, kalau pas sholat saja (pertemuan khusus dengan Alloh) kita belum bisa khusyuk, masa iya kita udah ngerasa punya derajat tinggi di sisi Alloh. Nah, di sinilah peran doa bakal menjadi jembatan komunikasi ke Alloh. 

Doa itu boleh minta untuk hal-hal duniawi hingga ukhrowi (akherat). Mau ujian sekolah doa biar lulus, mau ngelamar kerja doa dulu biar keterima, mau ngelamar anak orang doa dulu biar lancar, mau buka bisnis doa dulu biar laris, hingga mau bepergian wisata  doa dulu biar semua aman. 

Gimana dengan doa ukhrowi? Kagak boleh ketinggalan, lah wong kehidupan yang sesungguhnya kan di akhirat. Di dunia ini kita ibarat mampir aja kok buat nyari bekal amal sebanyak mungkin. 

Dream Connecting
Maksud istilah dream connecting ini saya ambil dari ceramah ustadz Yusuf Mansur. Contohnya kita pengin kuliah nih di kampus favorit di  luar negeri, maka kuatin impian itu dengan apa yang bisa ngingetin ke impian tadi. Bisa dengan pasang foto kampusnya di kamar kita, pasang logo kampusnya di akun sosmed kita, follow postingan-postingan website kampus tersebut, bikin kaos atau jaket yang persis punya kampus, dan lainnya yang intinya bikin kita ada connection (sambungan) ke impian tadi.

Apa iya bakal ngefek?
Jelas banget ngefeknya, seperti kisah anak usia 5 tahun di awal tulisan ini. Ibunya kan sedang menanam connection tentang Ka'bah di pikiran anak melalui masjid terdekat.

Nah, yang dahsyat itu kalau digabungin tuh antara doa dan dream connecting. Ibarat naik Vespa tapi kecepatan kayak Ninja. Apalagi kalau yang ngedoain Ibu, Bapak, Kiai, dan orang-orang sholeh. Yang masih punya ibu jangan sia-siain waktu minta didoain terus, doa Ibu untuk anaknya kan mustajab banget. 

Doa orang-orang sholeh juga gak kalah pentingnya, makanya mulai banyak gaul deh sama orang-orang sholeh trus minta didoain ke Alloh hajat-hajat kita, bukan minta duit lho ya. Hehe.

Penutup
Jadi misalnya nih kita pengin pergi umroh ke tanah suci Makkah dan Madinah, coba aja doa dan cerita dulu ke Alloh tentang cita-citanya haji dan umroh. Pakai waktu-waktu yang mustajab buat doanya. Doanya juga jangan nanggung-nanggung, masa minta haji dan umroh cuma buat diri sendiri doang, tambahin juga buat orang tua, buat pasangan kalau udah punya, sekalian anak-anak,  buat saudara-saudara kita, trus juga buat guru-guru kita, dan tetangga-tetangga juga. Istiqomahin terus doanya di waktu-waktu mustajab.

Lalu dream connectingnya ya mulai yang mudah saja. Saban abis sholat subuh berjamaah kelilingi masjid tuh 7 kali sambil baca talbiyah. Beli poster-poster Masjidil Harom trus pasang di kamar. Kalau ada temen yang mau berangkat umroh atau haji anterin, rasain seolah-olah kita yang mau berangkat ke Baitulloh. Alloh kagak bakal nyia-nyiain orang yang udah kelakuannya kayak gitu. Insyaalloh. 

Kalau penginnya dunia, mintanya tetep ke Alloh. Kalau penginnya urusan akhirat, mintanya juga tetep ke Alloh. Doa dan dream connecting adalah jembatan kita semakin dekat dengan Alloh. Yakin aja bakal dikabul. Kalau kitanya ragu, kekuatan doa dan dream connectingnya jadi kurang dahsyat juga. 

Semoga bermanfaat. Aamiin.

0 Response to "Kekuatan Doa dan Dream Connecting"

Post a Comment