Tes Psikotes CPNS Kemenkeu 2013


Jumat 1 November 2013, Pengalaman ikut tes Psikotes yang kedua bagiku. Dulu, tahun 2007 aku pernah ikut tes psikotes waktu melamar kerja di PT Astra Daihatsu Motor. Konsep tesnya tidak jauh berbeda, hanya untuk tes psikotes Kemenkeu ada tambahan jenis tesnya. Kalau kemarin sih kata Ibu Pemandu tes Psikotes di Kemenkeu bahwa tes Psikotes salah satunya untuk mengukur tingkat kecepatan dan ketepatan dalam membuat keputusan.

Sepertinya tujuannya memang untuk mengukur tingkat ketangkasan dalam membuat keputusan, buktinya ada banyak soal yang disediakan namun dengan batasan waktu yang cukup singkat. Kalau terlalu terpaku pada satu soal maka waktu akan habis dan soal lain akan melompong. Meskipun kecepatan juga diprioritaskan, nilai kebenaran jawaban juga tidak kalah penting. Banyak soal dijawab namun banyak salahnya juga kurang baik.

Baca juga Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu

Tes psikotes yang aku ikuti tanggal 1 November 2013 dimulai pukul 08.30 s.d 15.00 (istirahatnya lebih lama karena hari Jumat). Waktu break (istirahat) di pertengahan tes sekitar 5-10 menit. Seingatku ada 7 macam jenis tes. Apa saja sih jenis soal Psikotes Kemenkeu?

Pertama, tes pola gambar. Tes ini menguji analisis kita pola gambar, misalnya ada 4 gambar bangun datar yang diarsir hitam semua. Maka pada pilihan jawaban kita cari bangun datar yang diarsir hitam juga.
Kedua, tes bentuk kemungkinan gabungan gambar. Tes ini menguji analisa kita menentukan gambar manakah yang merupakaj gabungan dari beberapa potongan gambar bangun datar. Misalnya ada tiga buah bangun datar (lingkaran, persegi, dan segitiga sama kaki). Maka kita mencari mana saja gambar yang mungkin dibentuk dari gambar tadi.
Ketiga, tes hubungan makna. Tes ini mencari hubungan SINONIM dan ANTONIM dari sebuah kata kemudian kita mencari jawaban menjadi SINONIM atau ANTONIMnya. Misalnya kita melihat soal “suka”. Kita cari jawaban yang bersinonim atau berlawanan arti dengan kata “suka” (misal jawaban benci).
Keempat, tes Hitung Cepat. Tes ini berisi pertanyaan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kalau dilihat soalnya cukup simple, namun batasan waktunya cukup singkat. Soal yang jumlahnya 40 soal diberi waktu 7 menit.

Kelima, tes psikologi. Kita diminta menjawab kondisi yang sesuai dengan pikiran dan perasaan kita. Ada pilihan Sangat Benar, Banyak benarnya, Ragu-ragu, Banyak salahnya, dan Sangat Salah. Tes psikologi yang kedua kita dihadapkan 3 pernyataan tiap soalnya. Kita diminta memilih 1 pernyataan yang menurut kita lebih prioritas dan mendekati cara bertindak kita.

Keenam, tes penalaran. Tes ini berisi soal perbandingan-perbandingan misalnya dalam hal umur dan kepandaian. Contoh soalnya Adi lebih tua daripada Beni, Beni lebih tua daripada Choki. Pertanyaannya, siapakah yang paling tua?

Ketujuh, tes Pauli. Kita diberi aba-aba untuk mengerjakan tes Pauli ini dengan “Mulai” dan “Garis”. Tes Pauli ini mengukur tingkat kualitas jumlah pengerjaan soal dan tingkat kebenarannya.

Terakhir adalah tes grafis. Kita diminta membuat 8 gambar dari sebuah titik, garis, atau lengkungan yang tersedia. Kita juga diminta menggambar pohon berkambium dan gambar manusia.

Untuk tips-tips pengerjaan soal tes Psikotes telah banyak dibahas di berbagai buku dan blog tentang psikotes. Namun, satu modal yang harus diingat adalah cukup tidur pada malam hari sebelum tes dan jangan sampai telat. Itu akan membuat stamina kita lebih terjaga dan percaya diri.
  

23 Responses to "Tes Psikotes CPNS Kemenkeu 2013"

  1. waah keren mas yusuf dah sampe tahan psikotes
    semoga bisa lanjut ke berikutnya :)

    ReplyDelete
  2. wah, makasih mas udah mau berbagi pengalamannya.
    tahun 2014 ini ikut tes kemenkeu lagi?

    ReplyDelete
  3. Mas besok selasa aku ada ujian psikotes kemenkeu. Menurut mas Mufti yang paling susah bagian mana? untuk kubus yg di bolak balik itu ada ga? makasih mas infonya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, udah selesai ya tes nya? semoga sukses ya...

      Delete
  4. Mas, untuk tes pauli katanya tiap 2 menit disuruh garis. Apa kita pindah kolom tiap 2 menit atau dalam 2 menit kita bisa mengerjakan beberapa kolom? Kalau kraeplin itu kn tiap 10 detik dikasih instruksi pindah kolom, jadi tiap peserta pindah kolom bersamaan & tidak ada tambah kertas

    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas saya tes nya tiap sekian detik disuruh pindah kolom

      Delete
    2. untuk silogsme apakah waktunya mepet juga? Lalu untuk tes kepribadian apakah mas bisa berikan salah satu contoh soalnya?

      Delete
    3. Kalau untuk silogisme waktunya gak mepet kok mas, untuk contoh saya kutip dari website lain


      Susilo adalah siswa yang paling pandai di kelasnya. Edy
      kalah pandai dibanding Leonardo, tetapi Lonardo sama
      pandainya dengan Viki.
      Viki lebih pandai dari Natsir.
      a. Leonardo tidak lebih pandai daripada Edy.
      b. Edy tidak kalah pandai daripada Susilo
      c. Viki lebih pandai daripada Susilo
      d. Viki lebih pandai daripada Edy
      e. Natsir lebih pandai daripada Leonardo

      Delete
  5. mas mau tanya klo tes gambar itu dikasih waktu berapa lama yah untuk gbr orang dan pohon sama wartegnya? makasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, untuk waktunya gak begitu ingat pastinya mas :)
      kalo tidak salah antara 10-20 menit mas, cukup kok waktunya mas,
      semoga sukses

      Delete
    2. 10-20 menit per gambar atau seluruh gbr mas? mksudnya gbr org sm pohon msg 20 mnit atau dua-duanya 20 menit?

      Delete
    3. seingat saya sekitar 20 menit untuk seluruh gambar mas,,
      kalau salah tolong dikoreksi ya...

      tenang saja mas, waktu untuk gambar cukup kok, yang penting dari rumah sudah siap mau nggambar apa, dan perhatikan baik-baik instruksinya, contohnya kalau di buku latihan psikotes ada instruksi pohon diberi nama, tapi kalau tidak ada instruksinya ya gak usah dikasih nama....

      pas saya ada teman yang tanya ttg gitu ke instrukturnya malah dijawab tegas disuruh perhatikan instruksinya ....

      Delete
  6. wah telat bacanya..udah tadi psikotesnya. :p
    @Mas Zainal : kalo tadi, saya 10 menit per gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lancar kan....
      makasih @Mba Devie untuk koreksinya

      Delete
  7. maaf mas brarti bentuk psikotest menkeu lebih kaya swasta (astra, bank) ga kaya cpns 2012 kan ya ?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya untuk cpns kemenkeu sih mirip kayak tes astra, blm tahu kalo seleksi bank.
      tahun 2007 saya pernah ikut seleksi Astra Daihatsu sampe akhir, bedanya nanti di bagian tes kesehatan.

      Delete
  8. mas apakah bisa ceritakan untuk tes kesehatan pemeriksaan terdiri dr apa ja. apakah ada pemeriksaan telinga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada pemeriksaan telinga seinget saya, adanya tes mata, dilihat mulutnya + giginya, dilihat varises kaki ada gak, mengukur tinggi berat badan, tensi darah, lebih lengkapnya di sini

      http://www.yusufmufti.com/2013/11/tes-kesehatan-kebugaran-dan-wawancara.html

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum, slmt siang mas mufty, alhamdulillah dah ada pengumuman mas untuk yang abk kapal mas, tetapi nama saya tdk tercantum mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, tetep semangat mas, masih ada kesempatan di tempat lain atau peluang yang lebih baik nantinya. Allah lebih tahu yang terbaik bagi kita.

      Delete