Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara CPNS Kemenkeu 2013



Ini adalah tahap terakhir proses seleksi CPNS di Kementrian Keuangan. Pelaksanaannya mulai tanggal 25 s.d 29 November 2013 se-Indonesia. Bagaimana prosesnya? Berikut ini saya ceritakan proses seleksi tahap terakhir ini yang saya alami.

28 November
Hari dimana saya melaksanakan tes kesehatan dan tes kebugaran. Tes kesehatan meliputi pengecekan kesehatan dasar mulai dari tinggi dan berat badan, tensi darah, kesehatan mata, kesehatan gigi, kesehatan kaki, dan kesehatan tubuh secara global. Pengecekan kesehatan mata menggunakan alat seperti mikroskop yang menampilkan posisi papan catur, apakah di atas-di bawah-di kanan-atau di kiri.
Setelah melaksanakan  tes kesehatan, saya melanjutkan tes kebugaran yang terdiri atas 2 macam, yakni lari selama 12 menit mengelilingi lapangan sepak bola dengan keliling 300 m dan shuttle run sebanyak 3 kali  membentuk angka 8. Standar untuk lari 12 menit untuk laki-laki sebanyak 6 putaran, sedangkan untuk perempuan sebanyak 5 putaran.
29 November

Hari ini dimana tes wawancara yang berlokasi di kantor Kementrian keuangan wilayah Yogyakarta di Jl. Kusumanegara. Agar tidak terburu-buru saya datang 30 menit sebelum sesi ke-3 dimulai. Sesi ke-3 yang merupakan jadwal saya dimulai pukul 13.15-15.30.

Ternyata saya mendapatkan nomor urut sesi wawancara terakhir bersama 15 orang lainnya. Cerita sedikit, teman satu kampus yang ikut sampai tahap akhir ada mas Kholis (2008) dan mba Intan (2008).

Baca juga Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu

Pada saat wawancara kita akan diminta menjawab pertanyaan dari 2 orang panitia. Pertanyaan yang diajukan meliputi pengalaman pendidikan, pekerjaan, dan prestasi kita. Kita diminta menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur dan jawaban kita akan direkam menggunakan recorder.



Tips

A. Tes Kebugaran dan tes kesehatan
  1. Jaga pola makan dan pola tidur menjelang tes
  2. Berlatihlah lari setiap pagi mengelilingi lapangan selama mungkin
  3. Pada saat tes lari, tidak perlu lari cepat, lari biasa saja namun stabil. Usahakan menggunakan pernapasan perut saat berlari agar tidak cepat ngos-ngosan. Tanamkan motivasi “Kamu lebih kuat daripada apa yang kamu pikirkan”. Apabila mulai merasa kelelahan, ikuti langkah kaki orang yang berlari di depan kita, ini akan membuat kita juga ikut termotivasi berlari lagi.
B. Tes Wawancara
  1. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan (CV, KTP, dan Tanda Peserta)
  2. Tidurlah lebih awal pada malam sebelum tes agar kondisi lebih prima.
  3. Berangkatlah lebih awal agar dapat nomor antrian awal dan juga tidak terburu-buru.
  4. Latihan tanya jawab terlebih dahulu dengan teman agar perasaan grogi tidak berlebihan.
  5. Jawablah pertanyaan panitia dengan jujur dan jelas. 

52 Responses to "Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara CPNS Kemenkeu 2013"

  1. dapat berapa putaran bang yang 12 menit

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah lari pada jam 10.00 dapat 5,5 putaran...

      Delete
  2. lalu, bagaimana hasil akhirnya? lulus menjadi pns kemenkeu atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak lulus mba, belum tahu juga apa faktornya, dari 40 peserta yang berasal dari jogja yang lulus kata temen yang ngitung sekitar 12 orang.

      belum rejekinya di kemenkeu.. :D

      Delete
    2. Formasi yang dibutuhkan saat itu emang 12 orang ya mas?

      Delete
    3. formasinya tahun 2013 itu 57 orang, namun yang lolos dari jogja 12 orang, saya kurang tahu kalo ada pembagian berdasarkan wilayah, namun menurut saya diperingkat secara nasional, jadi memang saingan kita se Indonesia. Wallahu a'lam

      Delete
  3. mas mau tanya, tes kesehatannya ada tes radiologi (rontgen) juga yak? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas saya tes kesehatan tidak ada tes radiologi

      Delete
  4. maaaf mau nanya mas jika buta warna parsial apakah tidak bisa melanjutkan ke tes kebugaran?

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya tetap bisa melanjutkan tes kebugaran mas Riko, semua peserta diberikan hak untuk mengikuti semua tahapan tes. Bahkan peserta wanita yang sedang hamil pun diberikan hak mau lari atau jalan...
      Namun, kebijakan panitia tahun lalu dengan tahun sekarang bisa saja berubah, semoga sukses mas Riko.

      Delete
    2. amin yarobbal'alamin

      maaf mas mau tanya lagi tes kesehatan meliputi apa sajakah yang dites
      apa seperti perusahaan swasta yaitu ambeien, keseimbangan dll

      Delete
    3. yang saya alami tahun lalu tes kesehatan
      1. ukur berat dan tinggi badan
      2. tes mata (minus atau gak)
      3. tes buta warna
      4. tensi darah
      5. pengecekan kesehatan mulut, varises

      tidak serumit seperti di perusahaan swasta.

      Sedangkan untuk tes kebugaran lari 12 menit dan lari sprint membuat angka 8

      Delete
    4. terimakasih mas atas infonya sangat bermanfaat

      Delete
    5. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik

      Delete
  5. mas mau tanya kalau tinggi badn 163 kira2 lolos gak ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah dengar tentang syarat tinggi badan minimal mas, yang penting usahakan poin2 lainnya tinggi aja mas, soalnya menggunakan sistem peringkat, jika kesehatan bagus, namun kebugaran (lari) tidak bagus bisa menurunkan peringkat mas...
      53mangat

      Delete
    2. maksih mas...minta doanya z mas semoga sampai tes ksehatan dan kebugaran...

      Delete
    3. iya mas, semoga mendapatkan yang terbaik mas,

      Delete
    4. Mas alhamdulillah saya masuk tahap selanjutnya...saya mau nanya mas tentang tes kesehatan kaki seprti apa...??? Mohon pencerahanya makasih...

      Delete
    5. Alhamdulillah...
      tes kesehatan kaki yang saya alami dicek sama bagian kesehatan ada varises nya atau tidak
      itu aja sih,,

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. makasih mas... saya mau nanya lagi mas...gigi dan mulut di periksa gak ntar,,trus klow giginy berlobang apakah berpengaruh mas.. ke nilainya...???

      Delete
    8. iya giginya diperiksa..sepaham saya pasti ada pengaruh presentase nilainya mas, tapi masalah nilainya bukan kewenangan saya menjawab. Percaya diri aja mas, kalau mank rejekinya pasti dapat mas, insyaAllah

      Delete
    9. mas mau tanya, tadi pagi saya udah TKK dan hasilnya saya lari dapat 5 1/2 putaran mas...apakah kira2 bisa lolos mas???mohon pencerahannya mas mufti

      Delete
    10. Saya gak bisa jawab kalo pertanyaan itu, soalnya saya jg gak lolosnya di bagian TKK karena Dulu saya jg dapat 5.5 putaran mas, trus mata ketika dites cuma sampe level 3.

      Persaingan di kemenkeu sangat ketat, tapi ttep ada harapan mas. Semoga dapat hasil yg terbaik.

      Kabari ya apapun hasilnya, saya jd ikut penasaran nunggu hasil mas ali... Hehe.

      Delete
    11. aslm, mas saya udah pengumuman mas saya gak lolos mas, saya heran dan janggal mas, formasi untuk ABK kpl kpan ada 500, tetapi yg di trima ko cma 333 yaa?? temen saya lari dapt 5 ptran sdngkan saya dapat 5,5 putran tetapi ko gak lolos yaa???mohon sarannya mas

      Delete
    12. waalaikumsalam, temen yang lari 5 putaran lolos mas? kalo yang diterima 333 bisa jadi ada pengurangan formasi. Kemungkinan kedua peringkat setelah 333 nilai dan kualitasnya kurang memenuhi standar. Kemungkinan ketiga saya tidak bisa share,, hehe...

      Setahu saya gak ada kesempatan kalo kita mau komplain mas. Bisa jadi mas Ali akan dapat pekerjaan yang lebih baik di tempat lain atau bisa coba lagi kesempatan berikutnya.

      Saya dulu tidak lolos juga, sekarang baru tahu Allah memberikan jalan studi lagi di Saudi. Jadi, tetep semangat menghadapi hari-hari ke depan.

      Delete
  6. Mas mohon maaf sebelum nya, untuk berat badan mas tergolong kurang berat bedan atau kegemukan ? Terima kasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee, dulu pas tes kesehatan berat badan 60 kg, tinggi 165 cm, kalau ngitung pake rumus berat badan ideal mba,
      kalau dievaluasi nilai minus saya ada di tes mata dan lari 12 menit,

      Delete
  7. Mas mau nanya untuk tes kesehatann kemenkeu tahun kmrn apakah ada tes AMbeyen gak y??
    saya bsk tgl 1 tes ksehatan dan ada sdikit mslh mngenai ambiyen.. ya wlpun blm parah tp smpet khawatir... trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas saya cuma ditanya sama dokternya, "Punya ambiyen gak mas?"... gitu...

      Delete
  8. Mas mau nanya ni, waktu tes kesehatan dan kebugaran ituu kita dari rumah udah pake baju olah raga atau pake kemeja dulu nanti ganti di tempat tesnya? Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari rumah langsung pakai baju olahraga saja. Kalau ganti di lokasi antri dan nambah bawaan juga.

      Delete
    2. beneran ni mas kagak papa ya ga pake baju formal dulu?

      Delete
    3. Beneran. Saya dulu datang pakai baju formal, akhirnya perlu ganti baju di toilet, nambah kerjaan saja...
      Yang lain rata2 pada datang langsung pakai baju olahraga.

      Kecuali, ada persyaratan harus pakai baju formal dulu beda ceritanya...

      Delete
  9. Mas, utk tes interview kan harus isi CV yang didalamnya harus mencantumkan no ijazah,,,Klo ada ijazah yg hilang dan kita ga tau nomornya gmn ya? Makasih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sekali gak ada fotokopian ijazah yang tersisa?
      mending sebelum deadline diusahakan dulu agar berkas2 nya lengkap, minimal ada fotokopiannya. Saya tidak ingat dulu ada pencantuman no ijazah atau tidak, tapi biar tidak mengurangi kenyamanan saat wawancara usahakan berkas ada semua.
      Bila sudah tidak ada lagi, ya usahakan minta kebijaksanaan panitia. Panitia rekrutmen kemenkeu ramah-ramah kok. Hee

      Delete
  10. Mas.. Saya mau tanyaa.. mas dari d3 atau s1 ya? Insyaallah Saya akan mengikuti tes kesehatan dan kebugaran kemenkeu tggl 4 des di Medan. Mohon doa nya y teman2.. smoga Saya diberikan kesehatan dan kemampuan dalam melaksanakan tes tersebut, aamiin. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lulusan s1 mba Diah.
      Iya, saya ikut mendoakan agar mba Diah maksimal dan lancar dalam mengikuti tes.
      Tugas kita kan berusaha semaksimal mungkin, tentang hasilnya Allah yang menentukan. Apapun hasilnya perlu disyukuri, biar gak ada kegalauan.

      Delete
  11. Mas saya mau tanya kalo cewe dapet 4 puteran lebih kira kira gimana ya mas.. saya tadi tes dijogja dapet 4 puteran lebih dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak tes hari ini dijogja ya.. saya besok tes juga ni di jogja ,, gugup :D gimana tadi mbak tes nya? heheheh

      Delete
    2. masalah dapat 4 putaran secara pastinya akan kalah poin dengan yang dapat 5 putaran dalam hal lari, namun bisa jadi mba ad mini bisa lebih baik nilainya dalam sprint, kesehatan mata, kesehatan kaki, dll. Jadi tak perlu risau. Masih ada peluang,

      Mba Maria, tanya mba ad mini, tadi di lokasi diminta pakai baju formal gak, hihi

      Delete
  12. Mas..mas mau nanya ni
    Mohon pencerahannya mas ;)
    Gini mas saya mau nanya ni, berapa lama kah durasi istrahat setelah lari 12mnt tsb dengan shutle run? Atau langsung ya mas, tanpa ada istrhat?

    1 lagi ni mas ;D
    Kalau tes mata rabun, kitanya pake kaca mata boleh gak? Terus tes rabunnya gimana mas? Apa sama seperti di toko lensa mata atau berbeda mas?

    Mohon pencerahaannya sesepuu yang uda malang melintang mengetes cpns ;D
    Thx before ye mas ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Setelah lari 12 menit akan diberi istirahat, sekitar 15 menit (kebijakan panitia gak mutlak untuk masalah istirahat, mungkin ada yang nambahi 1,2, atau 3 menit) Cukup kok waktu istirahatnya, tenang saja.

      2. Untuk mata rabun kacamata dilepas. Tes rabunnya nanti ada alat kotak, kita disuruh lihat lewat lubang yang disediakan, trus diminta lihat dimana posisi kotak-kotak hitamnya. semakin lama gambarnya semakin kecil.

      Delete
    2. Oooh, oke mas thx atas pencerahaannya ya, mohon doanya mas. Suwun ;D

      Delete
  13. mas, apakah yang ditanya pewawancara saat wawancara. apa seputar profil kemenkeu dan visi misinya?
    Mohon pecerahannya mas, saya akan wawancara besok.
    Suwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wawancara itu menggali pengalaman dan cara bertindak kita.
      apa prestasi terbaik kita, apa saja pengalaman kita,
      trus ada jg analisis masalah, misal di kerjaan terjadi penyimpangan, apa tindakan Anda...
      kurang lebih seperti itu.

      Delete
  14. Mas yusuf g mw nyoba lagi taun ini mas? alhmdulilah kmaren sy lolos di ditjen pajak mas, ini bru ojt , mau prajab juga mas, doakan lancar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barokallah atas kesuksesan diterima di kemenkeu mas Bram,saya ikut senang mendengarnya...

      Saya masih fokus nyelesaikan studi s2 software di Saudi Arabia.

      Semoga dimudahkan dan dibimbing urusan2 mas Bram...

      Delete
  15. aminnn amin, mksih ya masYusuf, smga studi di Saudi Arabia lancar, sukses selalu buat mas Yusuf. sy akan mnyusul mas bwt skolah S2.... smngattt

    ReplyDelete