Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu



(Jogja, 13-10-2013)  Hari ini adalah pengalaman pertama mengikuti momen seleksi pegawai CPNS yang memiliki persaingan lebih dari 10 ribu orang. Sedikit cerita tentang tahap setelah selesai lolos pemberkasan adalah tahap TKD. TKD untuk seleksi CPNS Kemenkeu terdiri atas 3 materi.

Pertama materi tentang intelegensi umum. Kedua materi tentang wawasan kebangsaan. Ketiga materi tentang kepribadian. Ketiga materi tersebut diuji menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang dapat memunculkan nilai skor secara langsung. Sistem CAT juga sangat memudahkan peserta mengerjakan soal. Selain interface nya simple, navigasinya juga ergonomic.

Misalnya kita mau mengerjakan nomor 50 dulu, baru kemudian nomor 40, itu bisa. Notifikasi untuk soal yang belum dijawab berwarna merah, sedangkan soal yang sudah dijawab akan berwarna hijau. Peringatan waktunya juga sangat real time, sehingga sangat membantu dalam membuat strategi pengerjaan soal.

Baca juga Tes Psikotes CPNS Kemenkeu

Apa saja ketiga materi tersebut?

Materi intelegensi umum, banyak mengasah tentang cara berpikir kita, mulai dari penalaran logis, sinonim antonim kata, hingga beberapa hitungan matematika. Misalnya ada soal ‘Semua hewan akan mati, kucing adalah hewan yang berekor, kesimpulannya adalah...’. Ada lagi soal antonim dari kata ‘induksi’. Hingga soal-soal perhitungan volume tabung dan bola.

Materi wawasan kebangsaan, banyak meliputi materi tentang sejarah, tata negara, Pancasila, dan undang-undang di Indonesia. Soal yang muncul misalnya ‘Kapan UUDS 1950 berlaku’ hingga soal ‘siapa pencetus istilah Pancasila’.

Materi kepribadian, mengukur cara pandang kita ketika terjadi suatu kondisi atau masalah di sekitar kita, sekita tempat kerja kita, maupun problem pribadi kita sendiri. Untuk tahap TKD, kebetulan tidak ada tes analisis gambar.

Baca juga Tes Kebugaran dan Wawancara Kemenkeu

Saran agar lebih maksimal dalam mengerjakan soal-soal tersebut adalah perbanyak buku-buku contoh soal CPNS. Anda bisa beli maupun pinjam. Kalau mau beli harganya sekitar 30 ribu s.d 50 rb. Usahakan sebelum beli buku persiapan CPNS lihat dulu isinya (contohnya toko buku Togamas, Sosial Agency, dan Gramedia), karena banyak versinya.

Usahakan beli buku persiapan CPNS yang sesuai dengan model tes sekarang dan kalau bisa ada penjelasan jawabannya (tidak hanya kunci jawaban). 

0 Response to "Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu"

Post a Comment