GRE hingga SeaWorld bagian 1


Ini adalah jalan-jalanku ke Jakarta di bulan Oktober, tepatnya tanggal 17 s.d 19 Oktober 2013. Tulisan ini ingin menceritakan beberapa informasi dan tips ketika bepergian ke Jakarta.

Aku pergi ke Jakarta ditemani istri tercinta pada tanggal 17 Okt 2013. Kami menggunakan kereta api ekonomi Gaya Baru Malam. Berangkat dari Lempuyangan Jogjakarta sekitar pukul 17.10 sesuai jadwalnya. Kalau di tiket tertulis keterangan sampai di Jakarta pukul 02.00, namun kenyataanya sampai sana sekitar pukul setengah 4 pagi.

~ Intermezo ~
Catatan Tips tentang Kereta Api
Alasanku memakai kereta api adalah karena kereta api menurutku lebih cepat dibandingkan bus. Kenyamanannya juga lebih nyaman, ada toiletnya juga.  Kalau pengin buang air kecil kapanpun lebih fleksible dibandingkan bus. Alasan lain karena saat ini kualitas layanan kereta api semakin bagus. Dahulu kereta api terkenal sangat sering telat jadwal, namun sekarang cukup on time.

Kalau ingin menggunakan jasa kereta api saat ini usahakan pesan tiketnya paling lambat 1 minggu sebelum hari H ( untuk mencegah kehabisan tiket, apalagi kalau agenda perginya weekend, jangan telat memesan). Kalau mau antri di loket tiket kereta api tidak masalah, tapi kalau banyak agenda menanti dan waktu kita sulit berkompromi, alternatifnya bisa beli tiket di Indomaret, Alfamaret, atau bisa juga beli di website tiket.com. Biayanya tambah Rp 7500 per tiket. Oiya, kalau tiket kereta api ekonomi menurut informasi terakhir tidak bisa dibatalkan, diganti nama, atau diganti hari. Kalau tiket bisnis masih bisa dibatalkan. Harga tiket kereta api ekonomi berkisar harga 50rb, sedangkan bisnis berkisar antara 180rb – 250rb. Hari-hari weekend biasanya harga tiketnya lebih mahal.


*** Lanjut ya..

Sekarang cerita tentang  GRE , aku ikut tes GRE untuk mendapatkan sertifikat sebagai kelengkapan syarat pengajuan beasiswa. Ikhtiar moga tahun 2014 bisa berangkat untuk mengikuti kuliah master software engineering. 

Di Indonesia instansi yang mengadakan tes GRE dan bekerja sama dengan pihak ETS adalah IIEF. Lokasinya berada di lantai 28 Menara Imperium, yang beralamat di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Jarak lokasi IIEF dari stasiun Senen kalau di Google Map sebenarnya berkisar 8km, namun untuk menuju lokasi tersebut kalau harus menggunakan angkot harus nunggu jam 06.00 WIB. Jam 05.00 metromini no 20 (Senen – Lebak Bulus ) belum ada, akhirnya pakai Taksi.

Tarif taksi memang bisa pakai argo, bisa juga negosiasi. Kali ini saya negosiasi sajalah karena tarif argonya ketika saya tanya sopirnya tidak menjawab dengan jelas. Para sopir akan memberikan harga sekitar 50rb untuk jarak tempuh 10 km-an (perkiraan saya saja). Trus saya tawar 30rb dan sedikit nego2 akhirnya mau juga. Enaknya pakai taksi memang lebih nyaman dan lebih cepat (kalo gak diputer2in..hee…).

Tes GRE sendiri dilaksanakan kurang lebih selama 4 jam. 1 jam untuk Analysis Writing, 3 jam untuk Verbal dan Quantitative Test.  Tingkat kesulitan GRE menurutku ketika seseorang kurang vocabulary nya. Tes hitung-hitungan dasar juga ada ( seperti rumus bangun datar, permutasi, kombinasi, persamaan kuadrat, dan persamaan linear).  Kalau pengen belajar GRE kita bisa melalui tutorial di youtube, atau menggunakan buku GRE preparation. Aku sempat kesulita mendapatkan buku persiapan GRE, karena ketika mampir di toko buku Gramedia, Togamas, dan Sosial Agency ternyata tidak ada stoknya. Setelah pencarian panjang, akhirnya ketemu di situsnya bangedi.com. Harganya cukup murah untuk ukuran sebuah buku yang langka di Jogjakarta, yakni 115ribu.

~ Intermezo ~
Tips aman cari angkot / taksi
Tanya dan ngobrol dengan penjual atau warung. Beli aja air minum untuk membuka pembicaraan. Informasi dari penjual di warung / tukang asong cukup membantu agar tidak tertipu. Usahakan bertanya kepada sopir/ tukang ojek ketika memang sudah tidak ada yang bisa ditanya, namun kalau menurut pengalaman saya sih jangan mudah percaya dengan penjelasan tukang ojek/ sopir, karena beberapa oknum ada yang memberikan informasi berlebihan (melebih2kan misalnya jaraknya cuma 1 km, tapi mereka jawabnya jauh bangetss).



0 Response to "GRE hingga SeaWorld bagian 1"

Post a Comment